IMPLEMENTASI MACHINIMA DALAM PEMBUATAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “BAHAYA MENGGUNAKAN HANDPHONE SAAT BERKENDARA”

-, Suhartono (2012) IMPLEMENTASI MACHINIMA DALAM PEMBUATAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT “BAHAYA MENGGUNAKAN HANDPHONE SAAT BERKENDARA”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (200kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)

Abstract

Makalah ini membahas bagaimana fungsi teknologi game atau lebih tepatnya game engine sebagai alat peraga visualisasi sebuah cerita. Machinima terbentuk dari 2 kata yaitu machine dan cinema, maka gabungan kedua kata itu bermakna suatu game engine yang digunakan untuk membuat suatu visualisasi cerita berwujud movie animasi 3D secara realtime. Implementasi machinima sendiri dapat diterapkan dalam edukasi pendidikan, produk bisnis, olah TKP criminal, entertainment dan dapat juga digunakan untuk alat peraga penyuluhan sosialisasi masyarakat. Kelebihan lain machinima adalah PC/personal computer yang digunakan juga tidak terlalu mahal dan software untuk pembuatan machinima beberapa ada yang open source serta lebih menariknya lagi jika ada kesalahan dalam project machinima tersebut dapat dikoreksi secara realtime. Dalam rendering 3D machinima lebih cepat daripada mengunakan software seperti maya, 3D max dan lightwave. Dalam iklan layanan masyarakat ini menceritakan bahaya menggunakan handphone saat mengendarain kendaraaan yang dapat berakibat kecelakaan lalu lintas. Maka dari itu tujuan dari makalah ini adalah mewujudkan visualisasi sebuah alur cerita dengan mengunakan teknologi game atau game engine yang dapat menghasilkan sebuah movie animasi 3D yang bermanfaat untuk mempermudah tujuan yang akan disampaikan kepada masyarakat. Disamping rendering lebih cepat, dengan teknik machinima dapat meminimalkan pengeluaran produksi tanpa pengurangan kualitas yang signifikan. Keuntungan lainnya adalah dalam hal konsumsi listrik yang lebih sedikit, PC yang lebih murah dan harga softwarenya lebih terjangkau.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Al Fatta, Hanif
Uncontrolled Keywords: Open source, animasi, game, game engine, visualisasi, cinema, movie, PC, personal computer, project 3D.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:26
Last Modified: 30 Oct 2023 06:41
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/11240

Actions (login required)

View Item View Item