PEMBUATAN GAME VISUAL NOVEL “NIHONGO NO KURABU” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG

Kumbara, Arbiyan Tezar (2015) PEMBUATAN GAME VISUAL NOVEL “NIHONGO NO KURABU” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 10.12.4406 Arbiyan Tezar Kumbara.zip
Restricted to Repository staff only

Download (128MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara dengan jumlah pembelajar bahasa Jepang terbanyak kedua di dunia, yakni mencapai 3.984.538 orang, demikian hasil perhitungan cepat The Japan Foundation (JF). Pertumbuhan ekonomi serta merebaknya kultur budaya Jepang yang sedemikian pesat juga ikut memicu semakin banyaknya orang untuk mempelajari bahasa ini agar bisa turut ambil bagian dalam setiap perkembangannya. Namun begitu, bagi mereka yang baru pertama kali mempelajari bahasa jepang, bahasa jepang sangatlah sulit untuk dipelajari dan di hafalkan walaupun saat ini sudah banyak buku pembelajaran bahasa jepang di indonesia. Selain itu juga media pembelajaran konvensional cenderung membosankan dan monoton dalam penyampaiannya. Berdasarkan fakta diatas itulah mengapa banyak orang yang pada akhirnya berhenti ditengah jalan untuk mempelajari bahasa ini. Oleh sebab itu, penulis merasa perlu adanya suatu media pembelajaran interaktif berbasis game visual novel yang mampu membantu pengguna bahasa asing, khususnya orang Indonesia, untuk mempelajari bahasa Jepang dengan mudah. Dengan menggunakan media game sebagai bahan pembelajaran, diharapkan game ini dapat menarik minat orang awam yang ingin mempelajari bahasa jepang. Dengan penyajian gambar, dan suara yang baik diharap pemain dapat menyimpan informasi yang di berikan dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Al Fatta, Hanif
Uncontrolled Keywords: Renpy, Visual Novel, Game, Edukasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Nov 2022 06:23
Last Modified: 26 Sep 2023 03:32
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/11092

Actions (login required)

View Item View Item