Firmansyah, Angga (2014) PEMBUATAN FILM ANIMASI 2D MENGGUNAKAN METODE FRAME BY FRAME BERJUDUL “KANCIL DAN SIPUT”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (921kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (163kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (869kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (862kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (69kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (245kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 10.11.4044 Angga Firmansyah.zip Restricted to Repository staff only Download (880MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang ada mendukung untuk menciptakan teknik teknik yang baru dalam pembuatan suatu film animasi. Pembuatan karakter animasi 2D dengan metode frame by frame menggunakan Adobe Flash yang kemudian digabungkan dengan gambar background. Animasi ini akan menjadi lebih sempurna dengan adanya editing di mana menggunakan Adobe Premiere sebagai perangkat lunaknya. Animasi Kancil dan Siput bercerita tentang kepandaian Siput ketika menghadapi situasi yang sulit dan memanfaatkan lingkungan sekitarnya sehingga melatih kekritisan seorang anak, bahwa dalam kondisi seburuk apapun pasti dapat berpikir untuk mengeluarkan ide sebagai sarana untuk mengatasi sebuah masalah sedangkan kancil memberikan gambaran bahwa kesombongan akan membawa kehancuran pada dirinya sendiri dan keangkuhan Kancil memberikan kerugian bagi dirinya sendiri. Proses pembuatan animasi ini dilakukan secara individu dengan beberapa tahap yaitu pra produksi, produksi hingga pasca produksi. Proses pra produksi dan produksi yang meliputi pengembangan ide cerita, tema, sinopsis, perancangan bentu karakter, naskah, storyboard. Dan diberi sentuhan akhir yaitu proses editing. Diharapkan laporan tugas akhir ini dari segi ide dan konsep dapat memberikan pesan moral yang baik dan bermanfaat. Dan dalam segi teknik, dapat menjadi inspirasi kepada para animator ataupun editor untuk dapat terus mengembangkan teknik yang ada dan melakukan penyempurnaan seiring dengan berkembangnya jaman yang ada.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Frame by Frame, Karakter, Animasi, 2D, Moral | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 15 Nov 2022 02:45 | ||
Last Modified: | 16 Nov 2023 04:10 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/10988 |
Actions (login required)
View Item |