Dewanda, Rayi (2015) PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA BUKU ENSIKLOPEDIA ANAK SEBAGAI PENGENALAN BANGUNAN-BANGUNAN BERSEJARAH DI INDONESIA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (230kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (63kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 11.11.5092 Rayi Dewanda.zip Restricted to Repository staff only Download (107MB) |
Abstract
Augmented Reality (AR) atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Realitas tertambah merupakan sebuah teknologi penggabungan antara dunia maya atau virtual dengan dunia nyata. Augmented Reality dapat dimanfaatkan di berbagai bidang seperti kesehatan, manufaktur, militer, hiburan, dan bidang edukasi. Aplikasi Augmented Reality banyak ditemukan di dalam perangkat mobile dengan memanfaatkan kamera ponsel dan menampilkan obyek 3 Dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata secara real time. Marker atau Target merupakan merukapan representasi object dunia nyata yang dapat dideteksi oleh sistem. Target ini merupakan gambar 2 Dimensi yang dapat dipindai oleh Aplikasi Augmented Reality pada smartphone, untuk menampilkan Obyek 3 Dimensi diatas Target di dalam layar smartphone tersebut. Target atau Marker ini akan ditambahkan ke dalam sebuah buku Ensiklopedia anak berjudul “Mengenal Bangunan Bersejarah di Indonesia”. Aplikasi AR ini akan menampilkan obyek 3 Dimensi berupa bangunan bersejarah ketika kamera ponsel diarahkan ke atas gambar Target. Aplikasi Augmented Reality ini berbasis Android dan pengembangannya menggunakan Unity 3D dengan Vuforia SDK. Pengguna dari aplikasi ini ditujukan kepada anak-anak berusia 6 hingga 12 tahun. Penerapan Aplikasi AR di dalam buku Ensiklopedia ini diharapkan dapat menambah minat anak untuk membaca buku.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Ensiklopedia, Vuforia SDK, Unity | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 Nov 2022 02:01 | ||
Last Modified: | 03 Jan 2024 07:37 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/10780 |
Actions (login required)
View Item |