PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA BUKU ENSIKLOPEDIA ANAK SEBAGAI PENGENALAN BANGUNAN-BANGUNAN BERSEJARAH DI INDONESIA

Dewanda, Rayi (2015) PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA BUKU ENSIKLOPEDIA ANAK SEBAGAI PENGENALAN BANGUNAN-BANGUNAN BERSEJARAH DI INDONESIA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (63kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 11.11.5092 Rayi Dewanda.zip
Restricted to Repository staff only

Download (107MB)

Abstract

Augmented Reality (AR) atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Realitas tertambah merupakan sebuah teknologi penggabungan antara dunia maya atau virtual dengan dunia nyata. Augmented Reality dapat dimanfaatkan di berbagai bidang seperti kesehatan, manufaktur, militer, hiburan, dan bidang edukasi. Aplikasi Augmented Reality banyak ditemukan di dalam perangkat mobile dengan memanfaatkan kamera ponsel dan menampilkan obyek 3 Dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata secara real time. Marker atau Target merupakan merukapan representasi object dunia nyata yang dapat dideteksi oleh sistem. Target ini merupakan gambar 2 Dimensi yang dapat dipindai oleh Aplikasi Augmented Reality pada smartphone, untuk menampilkan Obyek 3 Dimensi diatas Target di dalam layar smartphone tersebut. Target atau Marker ini akan ditambahkan ke dalam sebuah buku Ensiklopedia anak berjudul “Mengenal Bangunan Bersejarah di Indonesia”. Aplikasi AR ini akan menampilkan obyek 3 Dimensi berupa bangunan bersejarah ketika kamera ponsel diarahkan ke atas gambar Target. Aplikasi Augmented Reality ini berbasis Android dan pengembangannya menggunakan Unity 3D dengan Vuforia SDK. Pengguna dari aplikasi ini ditujukan kepada anak-anak berusia 6 hingga 12 tahun. Penerapan Aplikasi AR di dalam buku Ensiklopedia ini diharapkan dapat menambah minat anak untuk membaca buku.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hidayat, Tonny
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Ensiklopedia, Vuforia SDK, Unity
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 12 Nov 2022 02:01
Last Modified: 03 Jan 2024 07:37
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/10780

Actions (login required)

View Item View Item