PERANCANGAN GAME TRADISIONAL EGRANG (JANGKUNGAN) MENGGUNAKAN ADOBE FLASH

Yudistita, Raswan (2015) PERANCANGAN GAME TRADISIONAL EGRANG (JANGKUNGAN) MENGGUNAKAN ADOBE FLASH. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (986kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (704kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 10.11.4303 Raswan Yudistita.zip
Restricted to Repository staff only

Download (65MB)

Abstract

Permainan tradisional merupakan permainan yang hidup dan berkembang dalam masyarakat secara turun temurun. Indonesia mempunyai berbagai jenis permainan tradisional. Salah satunya adalah permainan egrang. Permainan egrang dapat dijumpai diberbagai daerah di Indonesia dengan nama yang berbeda-beda antar lain, dari daerah Kalimantan Selatan dengan sebutan Batungkau, dari daerah Sumatera Barat dengan sebutan tengkak – tengkak, dari daerah Bengkulu dengan nama Ingkau, dan dari daerah Jawa yaitu Egrang (Jangkungan). Egrang sebelumnya juga dikenal dengan nama Jangkungan, disebut jangkung karena memang permainan ini membuat kita menjadi orang yang jangkung. Permainan egrang dapat dimainkan oleh semua kalangan baik anak-anak maupun dewasa dan dimainkan secara perorangan. Permainan egrang ini sering digunakan dan dijumpai pada acara-acara perlombaan seperti lomba tujuh belasan. Salah satu permainan modern yang sangat disukai oleh semua kalangan adalah permainan computer (game PC). Game PC adalah permainan yang dimainkan dikomputer pribadi, bukan pada konsol atau mesin arcade. Salah satu contoh dari game PC adalah game flash. Flash adalah sebuah program grafis dan animasi yang keberadaannya ditujukan bagi pecinta desain dan animasi untuk berkreasi membuat animasi web interaktif, film animasi kartun, presentasi bisnis atau kegiatan, company/organization profile dan game flash yang menarik. Dari fakta – fakta yang telah diuraikan di atas, oleh karena itu, penulis ingin membuat game Tradisional Egrang (Jangkungan) berbasis game komputer (Game PC) dengan tujuan sebagai hiburan dan untuk memperkenalkan kembali game Tradisional Egrang (Jangkungan) yang sudah mulai terlupakan karena seiring semakin banyaknya game modern pada saat ini.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hidayat, Tonny
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional Egrang, Game Flash, Egrang
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:29
Last Modified: 03 Jan 2024 03:57
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/10543

Actions (login required)

View Item View Item