PEMBUATAN GAME EDUKASI “RAGAM BUDAYA NUSANTARA” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BUDAYA TENTANG PAKAIAN DAN RUMAH ADAT NUSANTARA

Suseto, Rahmat (2015) PEMBUATAN GAME EDUKASI “RAGAM BUDAYA NUSANTARA” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN BUDAYA TENTANG PAKAIAN DAN RUMAH ADAT NUSANTARA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 08.12.3125 Rahmat Suseto.zip
Restricted to Repository staff only

Download (120MB)

Abstract

Indonesia tergolong negara kepulauan yang memiliki wilayah geografis luas dan kebudayaan yang sangat beragam. Keberagaman budaya tersebut dapat terlihat secara fisik melalui baju dan rumah adat yang dimiliki setiap daerah. Hampir setiap provinsi di Indonesia memiliki pakaian dan rumah adat masing-masing. Namun seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat terbawa arus globalisasi dan mulai melupakan adat istiadat warisan nenek moyangnya, Sedangkan Budaya Lokal Nusantara Merupakan Identitas Dari Bangsa Indonesia itu sendiri. Perkembangan teknologi terhadap proses pembelajaran memperkaya sumber belajar dan media pembelajaran, komputer dimanfaatkan sebagai media dalam pembelajaran karena memberikan keuntungan-keuntungan yang tidak dimiliki oleh media pembelajaran lainnya yaitu kemampuan komputer untuk berinteraksi secara individu maupun klasikal. Game dapat dimanfaatkan oleh kaum pendidik sebagai media untuk menyampaikan berbagai jenis pendidikan dan pembelajaran. Dengan desain dan kemasan yang baik, semua materi dalam game pendidikan dan pembelajaran akan sangat menarik dan mudah dicerna oleh anak-anak. Dalam proses pembuatan Game ini menggunakan Software Adobe Flash, ActionScript yang terdiri dari elemen-elemen multimedia yaitu: teks, gambar/grafik, animasi dan audio. Untuk meningkatkan motivasi belajar anak tentang budaya, maka dibangunlah suatu media pembelajaran dalam bentuk game edukatif dengan tujuan mengenalkan pakaian dan rumah adat di Indonesia. Didalam game edukasi ini anak-anak bisa belajar melalui visualisasi yang menarik tentang pakaian dan rumah adat. Genre game yang dipilih adalah adventure, dimana pemain akan menyelesaikan tantangantantangan yang ditemui selama melakukan petualangan dalam mencari bagian-bagian dari pakaian dan rumah adat. Dengan game ini, diharapkan anak-anak semangat untuk belajar budaya, karena media pendidikan berbasis game lebih menawarkan proses belajar yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Luthfi, Emha Taufiq
Uncontrolled Keywords: Adobe Flash, Budaya, Pakaian Adat, Rumah Adat, Game
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Nov 2022 04:03
Last Modified: 24 Oct 2023 03:24
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/10401

Actions (login required)

View Item View Item